Minggu, 22 Mei 2011

Kaukus Perempuan Parlemen

Kaukus Perempuan Parlemen (KKP) DPRD Sulsel menjadi percontohan nasional. Pasalnya, sejak terbentuk, KKP dianggap berhasil membentuk jaringannya hingga ke tingkat daerah atau kabupaten/ kota.

Ketua KKP DPRD Sulsel Tenri Olle Yasin Limpo menuturkan, berdasarkan pertemuan KKP Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Ambon, KKP Sulsel akan dijadikan contoh pembentukan struktur organisasinya hingga ke tingkat bawah. “Baru KPP Sulsel yang jaringannya sudah terbentuk sampai di daerah, sementara KKP di daerah lain belum.

Makanya, ketika pertemuan beberapa KKP menyatakan akan berkunjung ke sini untuk belajar soal pembentukan kelembagaan kami,”ujarnya. Politikus Golkar Sulsel ini mengatakan, tak hanya soal struktur yang menarik perhatian KKP di KTI,tapi juga sistem pengelolaan organisasi KKP yang sudah berjalan.

Salah satunya telah dibentuknya koordinator wilayah (korwil) di setiap daerah pemilihan (dapil) yang membantu koordinasi setiap anggota Dewan perempuan dalam menyosialisasikan setiap kegiatannya. Karena itu, diharapkan setiap penanggung jawab korwil bisa membeberkan hasil kegiatannya di setiap daerah dalam rangka men-support KPP di kabupaten/kota agar semakin maksimal melaksanakan program kerjanya.

Korwil KPP DPRD Sulsel sesuai dapil,yakni Korwil Makassar, Aerin Nizar; Korwil Gowa,Takalar, Jeneponto, Suzanna Kaharuddin; Korwil Bulukumba, Bantaeng, Sinjai, Selayar,Andi Sugiarti Mangunkarim. Selanjutnya, Korwil Bone, Soppeng,Wajo (Bosowa),Rusni Kasman; Korwil Maros, Pangkep, Barru,Parepare,Devi Santy Erawati; Korwil Sidrap, Pinrang, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Misriyani Ilyas; serta Korwil Luwu Raya,Sarce Bandaso.

“Karena kami jadi percontohan, diharapkan dalam waktu dekat sudah ada sekretariat tetap menjamu kunjungan studi banding dari KPP provinsi, termasuk KPP pusat, ”katanya. Karena itu, diharapkan secepatnya Sekretaris Dewan (Sekwan) Sulsel memfasilitasi ruangan permanen.

Korwil Bosowa Rusni Kasman mengatakan siap menggelar rapat kerja pertama serentak untuk KPP DPRD Bone, Soppeng,Wajo yang akan ditempatkan di Soppeng Juli 2011. Apalagi, memang tidak dipungkiri respons anggota Dewan perempuan di tiga daerah itu sangat tinggi. Bahkan, mereka sudah meningkatkan kapasitas SDM dengan berkunjung ke KKP DPR RI. Dari 75 anggota DPRD Sulsel, 12 di antaranya legislator perempuan. Demikian catatan online Gunung Salak yang berjudul Kaukus Perempuan Parlemen.

0 komentar: